Percepat Layanan, Aplikasi Home Terminal Diluncurkan
SEMARANG – Layanan
aplikasi smartphone Home Terminal Pelindo III kini hadir di
Semarang. Sebelumnya, implementasi Home Terminal telah
berhasil dilaksanakan di Surabaya khususnya untuk Pelabuhan Tanjung Perak,
Terminal Teluk Lamong, dan Terminal Peti Kemas Surabaya.
Home Terminal merupakan layanan aplikasi untuk
mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan pada
gawai pengguna jasa. Dengan aplikasi Home Terminal ini, para
pengguna jasa dapat memesan jasa kepelabuhanan cukup dengan sekali sentuh, di
mana saja dan kapan saja.
“Aplikasi Home
Terminal ini merupakan salah satu inovasi Pelindo III untuk
menyesuaikan dengan iklim bisnis saat ini yang telah memasuki industry 4.0 yang
berbasis teknologi. Kami membuat aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan
pebisnis saat ini yang easy, simple, dan transparant,”
kata Commercial and Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal, saat Kick
Off Launching Implementasi Home Terminal di Semarang, Rabu
(30/5/2018).
Terdapat empat macam
layanan menu utama yakni vessel service, port activities,
logistics, dan container management. Semua menu itu
terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS). Pada kesempatan ini juga
dilakukan live demo penggunaan aplikasi Home Terminal,
yaitu dimulai dari login awal hingga layanan yang ada di
dalamnya. Untuk tahap awal Home Terminal ini masih digunakan
untuk penyediaan jasa pelayanan kapal yang meliputi pemanduan, penundaan,
penyandaran kapal, pengisian bahan bakar, pengisian air bersih, jasa
tambat, port clearance, penampungan limbah, daya kelistrikan,
dan crew transfer.
“Kami senantiasa
berorientasi pada customer focus, untuk itu aplikasi ini sangat
memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara
langsung (real time online) dan para pelanggan mendapat manfaat
berupa efisiensi dari simplifikasi layanan karena dapat memangkas birokrasi,”
kata General Manager TPKS, Arief Prabowo.
Lebih lanjut
dijelaskan bahwa Home Terminal ini merupakan yang pertama di
dunia dan layanannya disesuaikan dengan proses bisnis di pelabuhan yang secara
prosedur dan praktiknya hampir sama. Sehingga, aplikasi ini berpotensi untuk
diterapkan di pelabuhan lain, demi meningkatkan efektivitas kinerja logistik di
Indonesia.
Sumber berita:
http://supplychainindonesia.com/new/percepat-layanan-aplikasi-home-terminal-diluncurkan/