Pengiriman Paket Perusahaan
Logistik Naik Dua Digit
Menjelang hari raya
Idul Fitri, perusahaan-perusahaan jasa logistik kebanjiran order pengiriman
paket. Salah satu penyebabnya adalah besarnya minat masyarakat berbelanja secara online.
PT Tiki Jalur Nugraha
Ekakurir (JNE) mencatatkan kenaikan dua digit pada pengiriman barang sejak awal
Ramadan hingga H-4 lebaran. “Yang pasti, naiknya lebih dari 30% sepanjang
Ramadan, kalau dibanding hari normal,” kata Chief Executive Officer (CEO) JNE
Muhammad Feriadi kepada Katadata, Rabu (20/6).
Ia menduga, kenaikan
pengiriman barang sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri, karena Tunjangan Hari
Raya (THR) sudah cair. Pada saat itu, minat masyarakat berbelanja online pun
meningkat. Alhasil, jasa logistik turut kebanjiran permintaan, mengingat
mayoritas konsumen JNE adalah retail. “Konsumen kami adalah retaill dan
korporasi. Yang retail, 50% itu dari e-commerce,” ujarnya.
Tak hanya itu,
masyarakat juga mulai berkirim hantaran atau parcel sepekan
sebelum Ramadan. Biasanya, karena yang bersangkutan tidak bisa pulang ke
kampung halaman sehingga mengirimkan barang untuk kerabat.
Setelahnya, pengiriman
barang mulai berkurang selama masa libur lebaran. “Menurun karena sudah banyak
kantor yang tutup,” kata Feriadi.
Sumber berita:
http://supplychainindonesia.com/new/pengiriman-paket-perusahaan-logistik-naik-dua-digit-sepanjang-ramadan/